#Pinternet: Istilah Dalam Internet

by 00.14 0 comments

   













    A.   WWW
World Wide Web (www) terdiri atas tiga kata, yaitu: World dalam bahasa Indonesia berarti dunia, Wide dalam bahasa Indonesia berarti lebar atau luas, dan Web diartikan sebagai halaman dalam teknologi jaringan internet yang berisi informasi. World Wide Web jika diartikan secara bebas adalah serangkaian halaman-halaman pada internet yang berisi informasi-informasi mengenai dunia luas. Lebih lanjut www adalah sebuah sistem untuk menampilkan informasi berupa
teks, gambar, suara, dan sebagainya. www dipresentasikan dalam bentuk tertentu agar dapat diakses secara menyeluruh oleh pengguna internet di seluruh dunia. Selain itu, www mengacu pada alamat dari web site. Web Site (situs web) dapat diartikan sebagai kumpulan halamanhalaman yang digunakan untuk menampilkan informasi. Informasi pada web site umumnya ditulis menggunakan format Hyper Text Markup Language (HTML). Untuk menampilkan informasi dalam bentuk gambar, suara, video, dan sebagainya, HTML menggunakan konsep link sebagai perantaranya.
   B.   Email
World Wide Web (www) terdiri atas tiga kata, yaitu: World dalam bahasa Indonesia berarti dunia, Wide dalam bahasa Indonesia berarti lebar atau luas, dan Web diartikan sebagai halaman dalam teknologi jaringan internet yang berisi informasi. World Wide Web jika diartikan secara bebas adalah serangkaian halaman-halaman pada internet yang berisi informasi-informasi mengenai dunia luas. Lebih lanjut www adalah sebuah sistem untuk menampilkan informasi berupa
teks, gambar, suara, dan sebagainya. www dipresentasikan dalam bentuk tertentu agar dapat diakses secara menyeluruh oleh pengguna internet di seluruh dunia. Selain itu, www mengacu pada alamat dari web site. Web Site (situs web) dapat diartikan sebagai kumpulan halamanhalaman yang digunakan untuk menampilkan informasi. Informasi pada web site umumnya ditulis menggunakan format
Hyper Text Markup Language (HTML). Untuk menampilkan informasi dalam bentuk gambar, suara, video, dan sebagainya, HTML menggunakan konsep link sebagai perantaranya.
   C.   Search Engine
Sebagaimana kita ketahui saat ini sudah jutaan halaman website yang ada dalam internet. Lalu bagaimanakah cara mencari website yang kita inginkan? Apakah dengan berlama-lama mengecek satu persatu melalui alamat bar, baik pada address bar, di Internet Explorer maupun di location bar pada Netscape Communicator. Kalau hal ini yang dilakukan, berapa banyak waktu yang diperlukan dan berapa banyak tagihan pulsa telepon yang kita gunakan? Untuk mengatasi masalah ini maka kita dapat meggunakan fasilitas search engine. Search engine adalah sebuah fasilitas dari website yang khusus dirancang untuk menyimpan dan menata daftar alamat jutaan website berdasarkan topik tetentu. Di antara website yang memiliki fasilitas search engine, di antaranya:
1.      Yahoo, yang beralamat www.yahoo.com
2.      Google, yang beralamat www.google.com
3.      Altavista, yang beralamat www.altavista.com
4.      Lycos, yang beralamat www.lycos.com

   D.  Browser
Internet sebagai jendela informasi superkaya yang sangat menarik bagi semua orang di dunia. Internet merupakan jendela pembuka wawasan sebab di dalam internet terdapat:
  1. Ribuan database teks, suara, gambar, di manapun berada dapat Anda lihat dan dengar dengan mudah,
  2. Dapat membuka segala jenis dokumen, file baik cerita biasa hingga dokumen intelektual dan actual secara gratis,
  3. Dapat digunakan untuk bergabung dan berdiskusi mengenai berbagai topik yang sangat kompleks macamnya, dan
  4. Dapat digunakan untuk bermain games.

Secara umum, keseluruhan informasi atau file dalam internet
diatur dan mengikuti ketentuan WWW (World Wide Web) yang disingkat Web. World Wide Web (WWW) merupakan suatu proyek hypermedia yang dikembangkan dengan mengaitkan informasi global melalui hypertext dan memiliki kemampuan mengaitkan dengan site FTP, ghoper, dan jenis layanan lainnya. Hypertext ditulis melalui HTML (Hyper Text Markup Languange) yang dengan perkembangan program interface dari HTML berupa program CGI, memungkinkan penggunaan fasilitas lain seperti e-mail dan news group yang dapat diakses melalui WWW. Satu satuan informasi yang mengikuti ketentuan WWW disebut dengan halaman web (webpage). Sekumpulan halaman web yang saling berhubungan disebut dengan situs web (website). Situs web tersebut disediakan oleh penyedia informasi. Halaman-halaman web ini kemudian disimpan dalam komputer yang disebut dengan web server.
Untuk melakukan proses pencarian di halaman web atau internet disebut
browsing. Karena informasi dalam internet ditulis dan dibuat dengan kode HTML, sehingga kode-kode ini hanya dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program yang disebut dengan browser. Browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Browser berperan dalam membantu menjelajahi dunia internet. Ada banyak browser pada saat ini, browser yang populer adalah Internet Explorer (sistem operasi Windows) Netscapes Navigator, Opera, dan Mozilla (sistem operasi Linux). Dalam pembahasan bab ini dibatasai pada browser Internet Explorer. Internet Explorer adalah browser yang disertakan sistem operasi Windows. Jadi, apabila Anda menggunakan OS (Operating System) Windows maka sudah secara otomatis komputer Anda memiliki Internet Explorer.
            Perbedaan search engine dengan browser adalah Web browser dan search engine memiliki perbedaan. Web browser adalah software yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer, contohnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera. Sedangkan search engine yaitu site atau website Internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dokumen (alamat) atau data yang Anda inginkan diseluruh web server yang terhubung ke Internet contohnya Google, Yahoo! Search, dan Live Search
Search engine disebut juga dengan mesin pencari, di mana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.
   E.    Chatting
Pelayanan lainnya dalam dunia internet adalah layanan chatting. Chatting adalah layanan internet yang memungkinkan beberapa orang (netter) dapat berdiskusi atau bercerita satu sama lainnya secara online. Perangkat lunak yang digunakan, antara lain mIRC, Windows Messenger, ICQ, dan lain-lain.
   F.    Nettique
Terdapat beberapa definisi tentang netiquette, yaitu :
a. Etika dalam menggunakan Internet
b. Aturan-aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia,
sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia
maya ini
Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum  internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum,  mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di dalamnya.  Sebagai mahluk sosial pelaku internet memiliki kode etik universal sebagai  acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya.
Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang  disepakati. Karena itu siapapun bebas untuk mematuhi peraturan yang sesuai dengan dirinya dan yang tidak menyetujui bebas memilih untuk tetap berada di sana sebagai minoritas atau keluar dari lingkungan tersebut.

Dalam kasus tertentu pelanggaran etika dapat diajukan ke pengadilan melalui  mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hukum adalah menyangkut soal  pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara internasional.
Secara umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas di  internet wajib untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut. Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.
   G.  Komunitas Online
Dalam perkembangannya, banyak peneliti mengungkapkan mengenai komunitas yang lebih modern seperti Rosson (1997) mereka mendefinisikan bahwa komunitas terdapat dalam lingkungan yang bersifat online baik dalam bentuk website atau internet, dimana komunitas website atau internet adalah komunitas bentuk online yang merefleksikan kondisi yang sebenarnya dalam kehidupan nyata.
            Kim (2000) menyatakan bahwa ada banyak kemiripan antara komunitas yang disebut dengan komunitas tradisional dan online community yang berbasis website atau internet. Keduanya melibatkan pengembangan dari hubungan relasi antar orang-orang yang mempunyai suatu kesaamaan seperti, hobi, pekerjaan dan hal lainnya.

 Referensi:

Supriyadi, Eko., Kiswanto, Muslim. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Osman, Osdirwan., Susano, Adhi. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Novian, Agung., Abdullah, Dudung. 2010. Praktis Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional
Hadi, Nur. Etika Berkomunikasi di Dunia Maya dengan Nettiquette. Dalam eprints.uny.ac.id diakses pada 4 Oktober 2014 14:15.

Mega

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments :

Posting Komentar