Hubungan Antara Matematika & IAD Dengan Psikologi

by 17.51 0 comments

Hubungan Antara Matematika & IAD dengan Psikologi


            Sebelum membahas lebih lanjut keterikatan antara keduanya, lebih baik saya membahas apa itu matematika dan apa itu ilmu alamiah dan mengapa keduanya saling terikat dengan Ilmu Psikologi.
Apa itu Matematika ?

            Apa sih Matematika itu? Yang kita tau matematika hanya menghitung alias hitungan, susah dan rumit.  Saya akan menguraikan pengertian matematika secara detail menurut para ahli. Secara etimologi Matematika berasal dari bahasa Yunani Kuno  μάθημα (máthēma), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), di dalam bahasa Latin  ars mathematica, berarti seni matematika (Wikipedia).

Johnson dan Rising (1972) mengatakan bahwa matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.

Kemudian Kline (1973) mengatakan bahwa matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika.

Reys, dkk (1984) mengatakan bahwa matematika itu adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa, dan suatu alat.

James dan james (1976) mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.

Ada banyak sekali definisi matematika, semua definisi diatas saling melengkapi satu sama lain. Dan dari banyak pengertian tentang Matematika saya akan menyimpulkan secara sederhana  apa itu Matematika, menurut saya Matematika adalah suatu ilmu pasti yang berfikir menggunakan logika dan analisis yang berhubungan dengan hitungan dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Dan menurut saya walaupun Matematika merupakan monster bagi sebagian orang termasuk saya tetapi Matematika sangat menyenangkan jika kita serius mendalami ilmu tersebut kita dapat membuat suatu rumus atau formula, bermain dengan logika dan berfikir cepat. Banyak sekali ilmu yang dasarnya menggunakan ilmu Matematika, seperti biologi, fisika, kimia dan sebagainya. Dibalik kesulitan dan kesukaran rumus-rumus matematika, ternyata mata pelajaran ini telah menyumbang manfaat besar bagi peradaban manusia sepanjang masa dan akan menyumbang manfaat besar bagi perkembangan modern masa depam manusia. Tanpa matematika, maka niscaya Ilmu pengetahuan dan Teknologi tidak akan ada, tanpa rumus-rumus matematika, maka ilmu pasti tidak akan membantu manusia.
Apasih Ilmu Alamiah Dasar ?

Sedangkan Ilmu Alamiah Dasar bersifat relatif dan dapat berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahmah (2006:V) “ Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi”. Sehingga terbentuklah sebuah konsep dan prinsip.

Ilmu Alamiah Dasar mempermasalahkan struktur dan berlangsungnya dunia alam, dimana manusia pun dianggap sebagai bagian dari alam itu sendiri. Dan lingkungan hidup meliputi sejumlah kondisi ekstern di sekitar organisme yang ikut serta secara dekat mempengaruhi kehidupan dan perkembangan organisme yang bersangkutan. IAD bukanlah ilmu tersendiri, melainkan merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan sebuah ilmu yang mengkaji tentang gejala alam semesta, termasuk yang terjadi di muka bumi ini. Ilmu Alamiah Dasar dapat juga di katakan sebagai konsep awal terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan semua turunannya, seperti Biologi, Fisika, dan Kimia.

Penting bagi kita untuk memahami bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait erat dengan kehidupan kita dalam memahami ilmu alamiah dasar. Mereka adalah aspek terkait erat masyarakat dan studi dan perkembangan baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting bagi bagi kemajuan masyarakat secara keseluruhan. Banyak sekali manfaat dari Ilmu Alamiah Dasar ini apalagi di bidang teknologi.

Lalu apa hubungan keduanya dengan ilmu Psikologi?
Dilihat dari manfaatnya saja kedua ilmu ini saling mempengaruhi. Misalnya saja dengan adanya Matematika perkembangan IPTEK pun semakin maju. Matematika dengan Psikologi mempunyai kaitan yang erat. Di dalam dunia psikologi ada yang namanya matematika statistic, yaitu matematika yang mempelajari statisik. Apa itu statistic? Menurut Furqon, Ph.D.(1999) adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, analisis dan penafsiran data. Namun ada pendapat lainya Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data.  Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris.

 Statistik di psikologi disebut sebagai deskritif statistik. Deskriptif statistik ini semacam kumpulan data yang didapat dari sebuah instansi, seperti contoh anda ingin melakukan riset tentang single mother yang memiliki pekerjaan dan tidak memiliki pekerjaan. Untuk melakukan riset tersebut data hanya bisa didapat dari instansi yang berwenang seperti departement sosial. Setiap data riset dapat menjadi bahan riset yang lainnya, seperti contoh, dalam data single mother yang memiliki pekerjaan atau tidak, mereka memiliki upah yang berbeda. Dari data upah yang berbeda ini kita  bisa melakukan riset yang lainnya seperti keadaan sosial pada setiap single mother dengan gaji yang dimilikinya. Jadi data satu ini tidak habis begitu dalam satu riset saja namun bisa menjadi seratus data untuk di jadikan riset.

 Di dalam dunia psikologi Statistik juga berguna untuk memprediksi perkembangan atau dampak dari suatu perilaku tertentu. Dan melalui statistik seseorang dapat memprediksi apa yang akan terjadi, yakni dengan menganalisis hubungan peristiwa-peristiwa masa lalu dengan apa yang terjadi saat ini dalam masalah yang sama. Matematika dapat juga digunakan untuk menghitung tes IQ atau tes Psikometri lainnya.

Ilmu Alamiah Dasar merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkembangan alam dan tidak luput dari kehidupan manusia. Objek material dari Psikologi adalah Manusia jadi kedua ilmu ini saling memiliki keterkaitan. Psikologi membahas tentang perilaku manusia sedangkan Ilmu Alamiah membahas tentang akibat dari perilaku itu terhadap alam. Menurut saya itu merupakan contoh yang simple. Contoh lainnya misalkan  “Produksi pangan secara konvensional tidak akan dapat mencukupi kebutuhan pangan seluruh penduduk dunia yang makin bertambah terus maka dilakukanlah bioteknologi pertanian” pernyataan tersebut dibahas dalam alamiah dasar sedangkan “Bagaimana sikap penduduk desa dengan diadakannya bioteknologi bagi petanian mereka” dibahas di bidang Psikologi. Selain itu Ilmu Alamiah Dasar bagi para mahasiswa Psikologi dapat memanfaatkan metode alamiah dalam memecahkan masalah.




Sumber Referensi :



Reksoatmojdo tedjo n.2007.statistik untuk psikologi dan pendidikan.Bandung:PT.Refika Aditama


Ati Harmoni, Ilmu Alamiah Dasar, Penerbit Gunadarma, Jakarta, 1992

Mega

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments :

Posting Komentar