Laporan Observasi Kerusakan Situ Cilodong

by 01.26 0 comments

LAPORAN OBSERVASI KERUSAKAN SITU CILODONG



Disusun Oleh :

1.     Bunga Reski Lestari                   (11513820)
2.     Caesar Mars Christian P            (11513828)
3.     Edwin Rico Rudiansyah             (12513775)
4.     Megah Purnamasari                   (15513394)
5.     Novie Fatma Nilasari                 (16513551)
6.     Nur Fadillah Ami Santika           (19513781)
7.     Siti Amelia Hasanah                  (18513521)
8.     Widya Djaati                              (19513267)
9.     Yogi Aji Wibowo                       (19513467)




UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/2014
1PA09





A.   LETAK SITU CILODONG

Situ Cilodong dilihat dari depan


Situ cilodong terletak di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Sukmaja, Depok, Jawa Barat. Situ cilodong memiliki fungsi untuk menjaga persediaan air atau sebagai daerah resapan air. Situ cilodong terletak di pinggir jalan abdul Gani, selain sebagai daerah resapan air situ cilodong juga di manfaatkan warga sebagai tempat mengisi waktu luang seperti memancing atau hanya sekedar menjadi tempat berkumpul dan bermain disekitar situ. Banyak pedagang kaki lima atau mainan anak-anak yang turut meraup untung dengan adanya Situ Cilodong ini.

B.   KEADAAN DI SITU CILODONG
        

Tanaman air yang tumbuh di tengah Situ

          Saat situ cilodong bersih dari dari tanaman enceng dan teratai yang sebelumnya hampir memenuhi separuh luas danau situ cilodong memang cukup bisa dikatakan sangat indah, udara yang segar membuat sayup-sayup mata menjadi ngantuk. Para warga juga bisa memanfaatkan sekeliling situ cilodong yang sudah dibuat jalan cor yang cukup untuk satu buah mobil walaupun ada sekitra 25 % jalan yang masih rusak dikarenakan conblok yang sudah lepas disana sini. Tetapi jalan itu masih bisa dimanfaatkan warga yang ingin berolahraga atau hanya sekedar lari pagi atau sore disekitar situ cilodong. Menurut beberapa sumber dari internet dan pengumpulan informasi secara langsung kami mendapatkan informasi bahwa di situ cilodong juga pernah dipakai para atlit kayak dan kano kota Depok untuk berlatih pada hari sabtu atau minggu. Situ Cilodong pernah mengalami kerusakan pada tahun 2004 dimana air di situ cilodong ini telah tercemar limbah berbahaya tetapi sudah diperbaiki dan sekarang airnya sudah bebas dari limbah. Kami juga mendapatakan informasi dari teman kami yang tinggal di daerah situ bahwa, Situ Cilodong dulunya pernah dikuras. Tetapi tidak lama air di situ cilodong kembali tercemar limbah pabrik plastik yang terletak tidak jauh dari lokasi situ cilodong. Dan masih banyak sampah yang dibuang sembarangan ke dalam situ dipinggir situ terdapat bungkus-bungkus makanan ringan yang mengganggu keindahan situ. Dan fasilitas umum yang ada seperti tolitet umum di kawasan situ cilodong pun tak luput dari penelitian kami, toilet yang terlihat   masih baru ternyata sangat tidak terawat didalam toilet begitu kotor dan bau yang tidak sedap tercium dari dalam toilet dan pintu toilet juga rusak. Tetapi meskipun situ cilodong mengalami beberapa kerusakan seperti sampah yang berserakan dimana-mana, sarana umum yang kurang memadai, pencemaran limbah domestik, dan masih ada beberapa kerusakan lainnya warga tetap memanfaatkan situ cilodong sebagai sarana hiburan. Seperti pada sesi wawancara yang kami lakukan kepada seorang penjual cilok yang tidak mau disebutkanya identitasnya berikut ini

Air yang bercampur limbah plastik


Tim observasi              : “Selamat sore bang?”
Narasumber                 : “Selamat sore dik.”
Tim Observasi             : “Maaf bang kami dari mahasiswa Universitas Gunadarma ingin menanyakan kegiatan yang sering dilakukan warga di situ cilodong ini ?”
Narasumber                 : “Oh silahkan neng….”
Tim Observasi             : “Apakah abang tahu berapa luas keseluruhan situ cilodong ini?”
Narasumber                 : “Luas situ cilodong itu kurang lebih 9,5 Ha kedalamannya 3-8m”

Tim Observasi             : “Biasanya warga kalo ke situ cilodong itu mau ngapain yah bang?”
Narasumber                 : “Biasanya sih jalan-jalan aja ada juga yang memancing atau lari pagi atau sore neng.”

Tim Observasi             : “Ngomong-ngomong soal mancing di situ cilodong  ada ikan apa aja ?”
Narasumber                 : “Disini ada ikan nila sama ikan mujair kuning.”
Tim Observasi             : “Kalau tanaman air yang ada di situ cilodong itu ada apa aja yah?”
Narasumber                 : “Oh…itu ada teratai neng.”
Tim Observasi             : “Kenapa air di situ cilodong keruh dan agak berminyak yah bang, terus ada beberapa ikan yang mati juga?”
Narasumber                 : “Iya itu berasal dari limbah buangan pabrik.”
Tim Observasi             : “Pabrik apa yah pak?”
Narasumber                 : “Pabrik plastic dekat situ neng.”
Tim Observasi             : “Oh iya bang situ cilodong ini pernah mengalami pendangkalan tidak?”
Narasumber                 : “Oh tidak neng, setahu saya dari dulu belum pernah ada pendangkalan segitu-gitu aja dalamnya.”
Tim Observasi             : “Oh seperti itu,terima kasih ya bang atas waktunya”
Narasumber                 : “Iya sama-sama.”

C.   KESIMPULAN

Situ cilodong kini memiliki fungsi lain selain sebagai tempat penampungan air Situ Cilodong juga digunakan warga sebagai tempat rekreasi. Dan tak jarang di sore hari banyak anak kecil yang berenang atau mandi di daerah Situ Cilodong. Tetapi sayangnya Situ Cilodong kurang mendapatkan perhatian, banyak bagian dari Situ Cilodong yang rusak dan tidak terawat sarana dan prasarana umum yang adapun tidak dijaga serta digunakan dengan baik.

D.   KRITIK DAN SARAN

Penulis harapkan semoga pemerintah lebih baik lagi dalam mengelola situ Cilodong. Dan untuk para pengunjung dapat dengan baik dalam memanfaatkan situ cilodong baik sebagai tempat penyimpanan air hujan sementara ataupun sebagai tempat rekreasi. Demikianlah laporan yang penulis buat semoga dengan terwujudnya laporan ini pembaca dapat mengetahui dan berbagi ilmu tentang bagaimana merawat dan menjaga kelestarian situ cilodong. Dan selaku penulis kami menyadari masih begitu banyaknya kekurangan pada penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas,mengerti,dan lugas.Oleh sebab itu penulis memohon maaf kepada seluruh pembaca untuk memaklumi atas segala kekurangan makalah ini. Dan penulis berharap sedianya pembaca akan bertambah motivasinya dan dengan senang hati memberikan kritik serta saran pembaca,penulis dengan senang hati dan terbuka untuk menerima serta mendengarkan kritik dan saran yang membangun yang datangnya dari diri pembaca. Sekian penutup laporan ini semoga berkenan di hati pembaca dan penulis mengucapkan terimakasih.

DAFTAR LAMPIRAN

Berikut kegiatan observasi kami di situ cilodong :

Pemandangan di tepi Situ




                           
                                               Kami mewawancarai salah satu pemancing





   
Ikan yang mati karena tercemar limbah
Penampakan bagian Situ yang kurang terawat



                                                        

 
Beberapa pemnacing di tepi Situ

                     













Mega

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments :

Posting Komentar